24 November 2013

persiapan liburan, dan bye stress!



sebenernya sih saya bukan termasuk orang yang sering buangeet liburan, atau layak disebut traveler, tapi saya pernah beberapa kali berlibur dan yaa maunya sih sedikit berbagi sama kalian tentang "apa aja sih persiapan liburan?" supaya sampai sananya juga bebas stres karena persiapan yang sudah cukup matang. dan karena beberapa waktu lalu juga abis liburan, jadi masih segar gitu deh di ingatan tentang persiapannya. hihihihiii oke deh,


cuuuuss...


1. BOOKING!!
nah, apa aja sih yang harus kamu pesan demi lancarnya ritual liburan? 
catat dan bikin daftarnya ya.. mulai dari tiket transportasi, rental mobil/sepeda motor/kendaraan selama di tempat liburan, dan hotel atau tempat kamu bermalam. 
bermalam kan ya? liburan yang asik kan yang nginep ya kan? IYAAA.. SIP!

tiket transportasi nih yang agak sakral ya, karena jangan sampai kamu jadi nggak dapet tiket lantaran lupa buat pesan dari jauh-jauh hari, dan biasanya sih ya kalau pesan dari jauh hari tuh bisa dapat harga yang lebih murah. begitu juga ama pesan hotel. yang jelas ini urusan booking membooking. jangan booking mbak-mbak atau mas-mas nakal ya di sana. JANGAN! 


2. BARANG BAWAAN.
  • obat-obatan. ya kali aja gitu kan ada yang mabok perjalanan atau mungkin punya penyakit khusus dengan obat khusus dari dokter langganan, nah jangan lupa bawa ya..
  • cek cuaca di tempat tujuan liburan kamu, kalau mau ke tempat yang dingin ya jangan lupa sediakan bikini. #eh.. YA JAKET LAH YAAA.. atau pakaian hangat lainnya. nggak usah bawa bed cover! balsem boleh lah ya.. nah begitupun kalau mau ke tempat yang panas sepoi-sepoi gitu, bawa juga pakaian yang agak tipis dan senyaman mungkin buat kamu. kalau tempat liburan kamu emang wisata air atau ada kolam renangnya, jangan lupa ya bawa baju renang.
  • lebih baik bawa pakaian lebih daripada kekurangan pakaian. itu sih prinsip saya pribadi yaa :p ditiru boleh, nggak juga nggak apa. menurut saya, bawa pakaian agak lebih itu banyak untungnya, ya precautionary motive gitu deh.. :p 
  • siapkan lahan untuk "jangan lupa oleh-oleh yaaa.." dari keluarga dan teman-teman tersayang.. huahahahahaa :))) kemaren pas saya liburan akhirnya nambah sampai 2 tas buat oleh-oleh. dan tasnya beli di sana. duh boros deh kan buat beli tas tambahan. nah makanya kalian mending siapkan dari rumah kira-kira oleh-oleh nanti bakalan seberapa banyak dan kalau harus pakai tambahan tas, bawa aja dari rumah, tas yang bisa dilipat sampai kecil ituloh.. hemat juga beiib :*
  • YANG PALING PENTING. jangan lupa SABUN WAJAH, KRIM SIANG, dan KRIM MALAM yaaaa.. ya sekalipun liburan belum sah kalau badan nggak tambah hitam atau tambah gendut, bisa juga kali diminimalisir hitamnya dengan tetep pake krim perawatan wajah. :p 
 
3. INFORMASI.
sebelum berangkat, sebaiknya kalian cari tahu dulu tentang apa aja acara seru dan tempat paling wajib buat dikunjungi di sana. 
catat juga nomor telfon darurat dan nomor telfon taxi/transportasi darurat di tempat liburan. kemarin sih alhamdulillah pas ke Jogja, dikasih catatan nomor telfon taxi jogja dari om @sir_edwin :p berguna banget loh .. 
oh ya, catatan tambahan aja sih, ntar kalau mau berangkat pake pesawat, mending pilih penerbangan awal karena seringkali on time, dan lebih baik sudah siap minimal 1 jam sebelum pesawat/kendaraan berangkat, biar nggak buru-buru dan lebih relax. :D


4. HIBURAN.
ya namanya juga manusia kekinian ya kan, hiburan itu tetap harus ada biar gak garing selama perjalanan. kalau anak sekarang kan doyannya ngenet ya, karena itu jangan lupa siapkan HP dengan baterai penuh, charger lengkap mulai charger biasa, charger konektor listrik adaptor internasional (kalau destinationnya ke luar negeri), charger mobil, dan power bank. 
siapkan juga musik atau film atau games seru di hp kamu, sekali lagi supaya nggak GARING.
kalau kalian suka baca, bisa juga siapkan majalah atau buku bacaan favoritmu. dan yang pasti sediakan camilan. aaaaakk camilan is a must. :p


5. FISIK DAN MENTAL.
karena liburan adalah momen kramat yang harus berjalan dengan seindah-indahnya, siapkanlah fisik dan mental untuk menjalaninya. 
banyak makan makanan bergizi, minum air putih, buah-buahan, dan jaga pola tidur supaya badan bugar dan sehat saat tiba hari H. 
siapkan mental juga, karena tempat baru selalu punya hal baru dan penuh kejutan. kamu nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di tempat liburan, jadi sebaiknya siapkan mental agar tetap tenang dan bisa berfikir jernih. 



oke deh, segitu dulu ya tips persiapan liburan dari saya, semoga membantu dan monggo banget kalau ada yang mau nambahin.. 

terima kasiiiihh dan SELAMAT BERLIBUR :)


2 komentar:

  1. kalo 30 menit sebelum pesawat berangkat bukannya sudah nggak boleh check in ya? :D kalo saya sih 1 jam sebelum berangkat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaakk iya iya.. Hihihi maafkan ya kak.. Sudah diralat. Terima kasih 🙏

      Hapus

thank you for coming reader |read my older posts please | nhaz montana