05 Juni 2014

Pasar Ikan Hias Gunungsari Surabaya


hai hai Arek Suroboyo!!

kalian kalau beli ikan di mana sih? 
pada tahu Pasar Ikan Hias Gunungsari?

saya baru tahu minggu lalu hiks :(
sebagai Arek Surabaya, saya merasa nyaris gagal. 

hhmm sempat bertanya-tanya sih sebelumnya, kira-kira penjual ikan yang dulu ngemper di pinggiran rolak atau sungai di Gunungsari itu sekarang pindah ke mana ya?
dulu pas saya masih SMP, setiap hari lewatin daerah situ, nah begitu SMA kalau ga salah ya, saya udah jarang lewat sana, dan sekalinya lewat kok para penjualnya itu udah nggak ada, udah bersih. dan saya baru tahu jawabannya minggu lalu. ternyata sekarang mereka sudah rapi punya tempat yang lebih bersih dan teratur, namanya Pasar Ikan Hias Gunungsari


saya ke sana hari Sabtu, dan ternyata memang salah satu hari di mana para penjual ikan lagi ramai-ramainya. "kalau di sini mbak, ramenya Rabu ama Sabtu. banyak penjual yang ngemper ituloh, harganya jauh lebih murah daripada yang di stand tetap," kata Ibu penjual es tebu di depan Pasar. 

Selfie dulu (-,,-)9

iya Bebs andok es tebu dulu, Surabaya abis Dhuhur panas banget Bebs dan saya ke sana ama adek di saat matahari emang lagi sumringah menebar hawa panas. :")


 pembeli yang sedang memilih dan siap menawar 





 ikan lemon, katanya sih galak :O





Karena aquarium di rumah ukurannya lumayan gede, jadi Bapak pesan supaya saya ama adek beli ikan yang banyak gak apa. huuahahahaa *girang* 
nyampe sana berasa wong ndeso deh, gak pernah liat ikan dan milih secara langsung, jadinya muter-muter dulu ngelihatin ikannya satu-satu, padahal mah ya sama aja sih rata-rata jenis ikan yang dijual :)) tapi lucu-lucu ikannya :D 
niatnya pengen ikan koi, tapi kata penjualnya, koi nggak cocok di aquarium, bagusnya di kolam. jadi kalau mau buat isi aquarium, mending koki aja. harga koki di sana juga beragam, tergantung besar kecilnya koi, ada yang Rp 35.000 isi 10, ada juga yang cuma isi 5.

 aquarium di ruang tengah yang sudah terisi ikan koi

Tips beli ikan:
  1. Kalau pengen memasukkan lebih dari 1 jenis ikan di satu aquarium, tanyakan ke penjualnya, manakah jenis ikan yang bisa dijadikan satu dalam aquarium. karena beberapa jenis ikan memang sifatnya galak kayak pacar baru mantan, jadi gak bisa diakurin sama sembarang jenis ikan.
  2. Untuk antisipasi saat lampu mati, belilah aerator (oksigen) berbaterai. 
  3. Jangan lupa beli makanan ikan ya! 
  4. Jangan terlalu banyak memberi makan ikan, karena ikan lebih rentan cepat mati ketika kekenyangan ketimbang kelaparan. beda ama perut kita Bebs.
  5. Tawar menawar adalah wajar. jadi, mending tawar aja Bebs, apalagi kalau kalian belinya lebih dari satu kantong ikan.
selain ikan, di sana juga menjual berbagai jenis aquarium, perlengkapan, dan hiasannya, ada juga yang jual kucing, ular, bahkan burung hantu.

salah satu penjual perlengkapan aquarium dan kolam ikan

jenis-jenis bebatuan yang digunakan sebagai dasaran aquarium

wuwuwuwuwuu lucu ya aquariumnya


Nah, kemaren pas siang saya ke sana ama adek doang, dan malamnya ke sana lagi karena Bapak pengen nambah ikan. setelah malam mingguan, saya, adek, bapak dan ibu menuju Pasar Ikan Hias lagi. masih di hari Sabtu dan mereka buka sampai pagi loh.. wooow seru juga kan kalau mau malam mingguan di Pasar Ikan. 

Jadi, buat kalian muda-mudi yang lagi pacaran, daripada bosen kan nongkrong di mall, cafe, taman kota, atau di rumah, mending jalan-jalan ke Pasar Ikan. Beliin Aquarium dan seisinya lengkap buat hadiah ke pacar kan juga oke ya, karena ngasih coklat, bunga, dan barang-barang mewah sudah terlalu mainstream, cobalah memberi kekasihmu aquarium dan ikan hias yang lucu-lucu. atau buat wujud damai kalau pacar kamu lagi ngambek, nah kasih aja ikan. :3 
*lalu ngebayangin jalan berdua ama pacar sambil gandengan tangan dan tangan satunya nunjuk-nunjuk aquarium atau ikan sambil senyum senyum, saya bilang "lucu banget ya Sayang ikannya" lalu kami saling pandang dan dia menjawab "iya, kayak kamu"*

PRET!! CUT!!

balik lagi....

nah pas malamnya itu, saya naksir salah satu aquarium dan baru beli besok paginya berdua aja ama Ibu. aquarium kecil yang harganya Rp 195.000 sudah lengkap dengan hiasan, ikan 10 ekor, aerator, dan lampu. karena nggak puas dengan 10 ikan, saya nambah sendiri beli ikan beberapa ekor. hihihihihi :p
buat ditaruh di kamar lucu juga loh, jadi kalau mau tidur, bunyi aeratornya itu berasa kayak kita lagi tidur di deket kolam ikan yang ada pancurannya. gemricik :3


TAAAARRRRAAAA!! 
ini aquarium saya :3


oke deh, sekian ya posting kali ini, semoga bermanfaat buat kalian semua.

dadaaaah :3



12 komentar:

  1. Ah, jadi ingat. Dulu pas kecil saya tinggal di Jakarta ada pasar ikan dan bunga di kawasan Barito. Dulu pasarnya itu menutupi sebuah mata air kumuh. Sekarang pasarnya sudah hilang, berganti jadi taman Ayodya. Mata airnya pun terlihat cantik kembali. Tapi begitu membaca artikel ini saya malah pingin kembali ke pasar ikan itu seperti saat masa kecil dulu,hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama banget kayak saya, kangen lagi rasanya melihat kondisi lingkungan semasa kecil.. :D

      Hapus
  2. murah banget,195 ribu..ukuran berapa aquariumnya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. katanya pedagang grosir dari luar kota datang hari rabu dan sabtu, tepatnya jam berapa grosirannya buka? krn sebelumnya aku k sana rabu siang tapi udah sepi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ramenya rabu malam dan sabtu malam bang Yudha.
      Btw ada yg punya nomer HP salah satu seller di PIH surabaya?

      Hapus
  4. Mbak nhaz... Beli aerator dimana yaa? Yg agak gede siih... Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belinya kmrn di sana juga di pasar ikan hias, banyak kok yang jual.

      Hapus
  5. Aku suka aku suka.... hihihii

    BalasHapus
  6. Beli ikan mas yg besar banget dimana ya

    BalasHapus

thank you for coming reader |read my older posts please | nhaz montana