21 Februari 2018

Tips Umroh by Nhaz Montana

Assalamualaikum Warrahmatullah..

ALHAMDULILLAH akhirnya keturutan juga nulis atau bikin postingan tentang tips umroh setelah sekian tahun teredam.  muahaahahahahaha πŸ˜‚

Jadi di postingan ini, saya akan nulis dibagi dalam dua bagian, pertama adalah tips secara umum dan yang kedua adalah rekomendasi oleh-oleh aja gitu.

BAGIAN 1
1. Sport Bra 
Sebagai perempuan, kenyamanan adalah segalanya. benar bukan? benaaarr... 
Setelah melalui pengalaman umroh, saya menyadari bahwa pakaian dalam paling nyaman yang dikenakan saat umroh mulai start dari Indonesia sampai pulang lagi adalah memakai sport bra. Sumpah nyaman banget, pas ibadah umroh, ke raudah, city tour, dan segala aktifitas lainnya yang seringkali bersinggungan dengan banyak orang atau uwel-uwelan, bagi saya ternyaman adalah menggunakan sport bra. Kemarin saya sih beli sport bra di Miniso yang ngga mahal namun berkualitas, di Hypermart juga ada, dan yang terniat di department store sih ya, merknya beragam, silakan sesuaikan dengan anggaran dan selera masing-masing ajyah. 



2. Beli yang ada aja dulu
Setiap agen perjalanan umroh memiliki jadwal yang berbeda, ada yang ke Mekkah dulu, ada juga yang ke Madinah dulu. Kemarin saya ambil perjalanan yang ke Madinah dulu dan berdasarkan pengalaman, karena kita juga sedikit banyak pasti akan membeli oleh-oleh atau titipan kan, nah mending kalian beli yang ada dulu atau yang kalian lihat ada di kota pertama kalian datang. 

Misalnya, saya kan di Madinah, dan saya butuh beli sajadah buat oleh-oleh. Pas jalan dari masjid nabawi ke hotel banyak banget kan tuh penjual sajadah, nah hunting dan beli aja di situ yang harganya paling pas dan barangnya sesuai kemauan. JANGAN ADA NTAR DEH DI MEKKAH ADA JUGA KALI YA LEBIH MURAH. misalnya kayak gitu. karenaaaa belum tentu di Mekkah beneran ada dan lebih bagus atau harganya lebih murah. Jadi intinya, ya yang mau dibeli di madinah ya saya beli aja dulu di sana, jadi di mekkah atau jeddah tinggal beli printilan aja yang kurang-kurang. 

Kemarin ada jamaah tour lain, beliau bilang di Jeddah aja beli coklatnya lebih murah. saya manggut-manggut aja sambil berniat coba deh beli di sana ntar. pas begitu di Jeddah, he he he sama aja siisst harganya kayak di Madinah. dan karena Jeddah adalah kota terakhir sebelum saya pulang ke Surabaya, yaaang artinya koper udah rapi jali, kekunci, dan di bagasi bis, mau beli coklat agak banyak kok ya males jadinya ngebungkusinnya dan naruhnya. intinya RIBET. Akhirnya ga jadi beli. huahahahahaaha :))

3. Beri jarak satu orang di depan saat tawaf dan sai
Demi keamanan pernafasan dll, sebaiknya saat tawaf dan sai beri satu space kosong untuk satu orang di depan kita. Jadi ngga badan kita nempel jedeeer sama orang di depan kita gitu, sekalipun gandengan atau megang baju orang yang di depan kita (serombongan), mending tetep kasih jarak satu orang di depan, supaya ketika tiba-tiba kita didorong dari belakang, kita ga langsung kepentok sama orang yang di depan kita. Hal itu juga memudahkan kita untuk bernafas. mudahnya posisinya tuh kayak lagi lencang depan tapi sambil jalan, gitu deh, jadi ngga mepet banget. 



4. Pakai Masker
Ketika di sana, sekalipun sudah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin melalui vaksin, dan olahraga, usahakan tetap pakai masker selama di sana. Karena virus di sana sangat mudah menular, ya mungkin karena cuaca juga, anginnya, debunya, berjubel dengan orang segitu banyak yang belum tentu semuanya sehat, ada yang emang udah sakit flu dll. jadi sebaiknya demi kesehatan dan keamanan pribadi dan orang lain, pakailah masker. Pilihnya masker yang sekali pakai ya, jadi sehari buang sehari buang gitu. beli di Indonesia aja karena di sana mahal. muahahahaa 😌 jangan lupa pakai maskernya yang untuk berhijab ya, yang kurang lebih begini bentuknya. di apotek dan minimarket banyak kok.


5. Sedia Face Spray
Yak karena di sana hawanya kering buangeet dan kadang panasnya bikin wajah kaku kering gitu, sebaiknya sedia face spray. Kalau saya sih pakainya merk Avene. Tapi kalau pada mau pakai yang merk lain juga ngga masyalaah kok. Karena saya pernah pakai yang Evian juga, dan jujur ngga tahu apa bedanya. hihihihihihiii intinya sama aja melembabkan bikin wajah segeran dikit. Kalau tante saya sih bawa botol spray aja dari rumah, sampe sana diisi air zamzam, trus udah aja gitu dijadiin face spray selama di sana, kering ngga kering tuh wajah, disemprotin mulu ama tante. adem semriwing katanya. hahahaa πŸ˜‚


6. Sunglasses
Karena mataharinya lumayan nyengat dan debu beneran buanyak di sana dan rentan bikin kelilipan, HARUS bawa sunglasses ya! terutama lagi yang pakai softlens. nah untuk kacamata ini usahakan yang bentuknya menutupi beneran semua mata dan sekitarnya atau yang kacanya emang guede ala Syahrini gituloh, jangan yang kacanya nanggung kecil cuma nutupin mata aja, karena debu beneran bisa mbrobos lewat samping mata loh karena anginnya kan kenceng ya di sana. gitcuuhh.. 



7. Bawa obat tetes mata 
Masih untuk urusan mata dan mengatasi iritasi akibat debu atau kelilipan, sediakan obat iritasi mata ringan bisa insto/rohto dan cendo xitrol untuk yang agak berat iritasinya. Kalaupun emang ngga bawa bisa beli di sana sih, cuma ya kalau berdasarkan pengalaman saya, ketimbang yang beli di sana, jauh lebih ampun cendo xitrol buat mengatasi iritasi mata berat.

obat tetes mata yang saya beli di Mekkah

8. Lip balm
Nah biasanya jamaah agakan ngandelin beli vaseline petroleum jelly di sana aja. ya ga apa sih, ga masalah. tapi kalau untuk pemakaian sehari-hari kok saya lebih merasa nyaman pakai lip balm dari Oriflame yang tender care ituloh. di antara nivea, maybelline, vaseline, yang paling oke, lembut, ringan, dan berkhasiat kok malah tender care ya. 

Eh tapi bebas sih mau pakai lipbalm apapun secocoknya aja, yang penting bawa dan pakailah selama umroh. 

Kemarin saya bawa tender care, nivea lip butter, vaseline, maybelline baby lips dan berakhir pada nyebar semua itu lipbalm. tender care dibawa bapak, lip butter dibawa ibu, maybelline dibawa adek, vaseline dibawa rekan serombongan. SAYA? alhamdulillah lembab aja bibirnya ngga kering jadi jadi ngga pakai lipbalm. :))


9. Bawa abon sapi, boncabe, dan kecap manis.
Menurut saya sekeluarga yang lidahnya emang memiliki selera makanan yang berbeda, kami tetap sepakat dan merasa bahwa umroh sebaiknya membawa abon sapi, boncabe, dan kecap manis sendiri. Karena rasa makanan di sana tidak terlalu cucok sama lidah saya sekeluarga. Intinya buat jaga-jaga kalau makanan di sana ga sesuai dengan lidah kalian ATAU kehabisan lauk saat antri makan di hotel, yaa kalau bawa abon kan paling ngga, kita masih bisa makan nasi ama abon. huhahahahaaa 😁 Abon sapi terbaik di Surabaya sih belinya di jalan patmosusastro yah. MUANTAP abonnya.kalau kecap tetep kecap bango buat saya mah. 



10. Vitamin C
Setiap pagi, minimal sehari sekali konsumsi vitamin C ya demi menjaga kekebalan tubuh dan supaya badan ngga gampang lelah atau kena virus. Sedia vitamin C-nya yg banyak, bisa yg hisap atau Ester-C gitu. kalau yang hisap sih bisa dikonsumsi kapan aja, ngga harus sehari sekali yekaan.

11. Bawa jaket 
Kembali lagi ya, sebenernya ini sih sesuai kekuatan tiap orang, ada yang betah dingin dan angin, ada yang biasa aja, dan ada yang ga kuat angin atau dingin. Menghadapi segala kemungkinan itu, sebaiknya bawa jaket atau kayak coat gitu. 

12. Bawa sajadah sendiri yg tipis
Kenapa? kalau saya sih karena butuh buat sujud, supaya hidung ngga langsung nempel ke karpet atau lantai masjid, jaga-jaga dari virus flu atau batuk orang lain yang nempel di karpet atau lantai sih ya. Sekalipun tiap seusai sholat pasti dibersihin sama petugas masjid, tapi kan ngga ada salahnya kalau berjaga-jaga aja gitu. 

13. Sarung tangan minimal 2
Untuk perempuan sih ya ini. Jadi selama di sana kan saya ngga pakai mukenah, pakainya baju gamis aja, jilbab besar, kaos kaki, dan sarung tangan. Jadi yaaa perlulah bawa lebih dari satu. Untuk pas ibadah umrohnya yang paling utama. sarung tangannya yang kelihatan telapak tangannya ya. 

anw, selama umroh, saya cuma pakai 4 pakaian untuk 7 hari di sana. hahahahaa πŸ˜‚ satu aja selama di madinah, satu untuk ibadah umrohnya, dua selama di mekkah. kerudungnya aja yang gonta-ganti. Karena ngga pernah keringetan di sana kecuali pas ibadah umrohnya jadi kayak males aja gitu ganti baju.


14. Baju tidur yang panjang
Berdasarkan pengalaman umroh yang dulu, saya kan pakai baju tidur yang panjang, hasilnya (agak) kegerahan. Kemudian umroh berikutnya saya pakai sejenis lingerie buat tidur, huahahahaa kedinginan. Di antara dua opsi tadi, rasanya lebih mending agak kegerahan daripada kedinginan, karena seriusan agak menyiksa sih ya kedinginan tuh. kalau pakai baju tidur yang panjang, bisa skalian ngangetin badan dan bikin tidur lebih gampang pulas. gitu sih.. 

15. Deodorant Spray
Jelas lah ya ini buat apa. Hhiuahahaaaahaa demi kebaikan pribadi dan orang sekitar, JANGAN LUPA PAKAI DEODORANT SPRAY PLEASE. ini sih ngga umroh aja ya, sehari-hari juga penting. Kalau untuk urusan ini saya percaya hanya pada deo-spray merk Shanara. bahannya alami, beneran sehariaaan jeder saya pakai umroh, ngga bikin badan bau SAMA SEKALI, ngga lengket dan tanpa efek samping, ga bikin ketiak hitam, malah mencerahkan euum. Manalah sebotol kecil gitu bisa buat dua bulan. murah dan berkhasiat deh singkatnya. Saya belinya di Instagram Shanara.id


16. Makan mah akhir aja pasti dapet kok (InsyāAllāh)  
Demi terhindar dari antri panjang ambil makan dan rebutan meja untuk makan, sudahlah makannya agak terakhir aja, dapet kok makanannya, dan ngga perlu berebut dan bingung nyari meja untuk makan karena jamaah lain kebanyakan sudah selesai makan duluan. Jadi kalian ngga perlu antri, berdesakan, dan terburu-buru. 

17. Bandingkan minimal 3 toko
Untuk pembelian oleh-oleh, tadi kan saya bilangnya beli yang ada aja dulu. nah sebelum beli pastikan sudah bandingkan harga di minimal deh 3 toko supaya tidak ada penyesalan di akhir. gituu.. 

BAGIAN 2 - harganya per Januari 2018 yah..
1. Coklat enak di Bin Dawood Madinah
Sebagai pengunyah coklat, penting untuk nyari yang enak. Coklat ini dulunya saya tahu di Bin Dawood Mekkah, nah umroh kemarin saya pas ke Bin Dawood Madinah, liat ada coklat ini, yauda saya beli aja dulu secukupnya, ntar kalau mau nambah beli aja lagi di Mekkah, gitu. EEEEHHHH ternyata di Mekkah ini sekarang udah ngga sebanyak dulu pilihan coklatnya, dan ngambilnya harus diambilin pegawainya. Kalau dulu tuh pilihannya buanyaak, nyoba boleh juga, dan kita pilih sendiri coklatnya, kayak coklat kiloan gituloh kan kita bisa pilih sendiiri ya coklat yang bagus dan yang ngga. Harganya 50 riyal/kg yah.


2. Coklat biasa
Jenis yang ini sih yang sering dijadikan oleh-oleh untuk dikasihkan ke orang lain. Maksudnya kalau coklat yang di Bin Dawood tadi khusus untuk konsumsi sendiri dan keluarga, kalau untuk dibagikan ke orang lain, biasanya sih pada beli yang biasa ini. dijual di mana aja, ada. Jenis ini yang tadi saya bahas katanya lebih murah di Jeddah padahal ya sama aja sih harganya kayak di Madinah/Mekkah 15 riyal/kg.

3. Gamis Hitam
Wuaaahh ini legenda banget kalau jadi oleh-oleh. Yang modelnya paling biasa nih ya harganya Rp 100.000 masih kembali 2 riyal. Nah berapa tuh itungannya? muahahahaa :))




4. Emas
Sesungguhnya saya ngga terlalu paham jenis emas di sana apa aja dan ngga terlalu suka emas juga apalagi emas arab yang kayak gembyeng gitu πŸ˜†, tapi kalau demi syarat pokoknya ada oleh-oleh, emas di sana yang paling murah adalah 165 riyal/gram. 

5. Tumbler Starbucks
Hhhmmm ini nih penting nih, demi kebutuhan kekinian kolektor tumbler sbux, silakan belinya di Sbux Madinah depan hotel Al-Haram Madinah ada Sbux nyempil kecil tapi ada tumblernya kok, yang standar ya harganya 55 riyal.



6. Sajadah Cantik
Sajadahnya cantik banget loh, sangat layak dijadikan oleh-oleh. Harganya 40 riyal. warnanya juga sangat beragam dan menawan. (kaku amat bahasanya)



7. Kain sorban atau keffiyeh 
Yang ini buat jilbab bisa, buat oleh-oleh untuk cowok juga bisa. harganya 10 riyal yah. 



8. Mamoul TERENAK 
Nah mamoul sih di sana ada yang jenisnya umum banget tapi saya ngga suka. Ada satu jenis mamoul yang adanya  cuma di Bin Dawood Mekkah. harganya lupa sih, hehehehehe pokoknya begini aja bentuknya.enaaakk, HARUS NYOBAIN!!


9. Hand Cream Dove
Ini adalah penemuan terbaik dalam dunia perhandcreaman saya. hahaaaha adanya di Bin Dawood Madinah yah, harganya nempel di kemasannya tuh. Serius ya ini bikin kulit halus banget, lembab, ngga lengket, tahan lama, dan harumnya juga lembut. 


10. Tasbih Cantik
Buat saya, oleh-oleh dari sana yang wajib ya tasbih cantik yang cuma ada di sana, di Surabaya sih saya ngga pernah lihat yang kagak gini. Harganya 5 riyal atau tawar aja 50 riyal dapat 12 biji. ciri khasnya, tasbih ini tuh pakai rantai dalamnya bukan senar atau benang. 


11. Jam tangan ALFAJR
kalau ini sih lebih ke oleh-oleh atau kenang-kenangan buat pribadi ya, jam tangan ALFAJR, jam asli sana dan khusus dari sana aja. Ada pengingat adzan dan penunjuk kiblatnya. desainnya juga bagus, ada yang agakan unyu warna-warni ada juga yang elegan dan dewasa untuk formal gitu. yang saya beli harganya 165 riyal. Desain lain silakan lihat di sini http://www.alfajr.com/en/watches.html



---

Ok, itu tadi tips umroh dan oleh-oleh dari saya. BOLEH banget kalau ada yang mau nambahin, barangkali berguna juga buat saya di kemudian hari atau buat pembaca lain yang akan umroh. 

mwah 😘

Wassalamualaikum Warrahmatullah

---

Tambahan:
Beli ini juga ya kalau sempat, yang suka dandan, ini murah di sana dan cuco buat primer atau base make up. hehehe sekian..



---




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thank you for coming reader |read my older posts please | nhaz montana