06 Juni 2018

Latihan Menahan Rindu




"15 hari di sana nanti, aku ngga nyalain paket data ya, supaya fokus ibadahnya. Kamu jangan bandel di Surabaya!"

---

Ya sekalipun dia akan bisa curi-curi wifi pas di hotel (dan itu juga kalau ngga kecapekan kemudian langsung tidur) tetep aja ya komunikasi seret selama dua minggu lebih itu bikin deg-degan. 

Ingin mewek tapi kok buat apa, kan dianya di sana lagi ibadah.
Baiklah, mari kita anggap ini sebagai ujian asmara dalam judul Latihan Menahan Rindu.


---







05 Juni 2018

Label Pemilih

 
 
 
 
Berbahagialah kalian yang telah saling menemukan. 
Kamu mencintai ia yang juga mencintaimu dengan sama kadarnya. 
Begitu saja, cukup berbahagialah dengan perayaan cinta kalian tanpa bertanya pada kami yang dengan sialnya masih sendiri dan belum menemukan maupun ditemukan.

Tawa-tawa lepas dan senyum terekah dari kami memang benar adanya, 
ada masa ketika kami mensyukuri setiap kejadian hidup sekalipun sendiri, sekalipun tanpa pasangan. 
Namun, adanya pertanyaan kalian, sering pula membuat malam-malam kami terasa semakin sunyi dan perih.

Kalian akan berada di pelukan pasangan kalian, bahkan memeluk anak-anak kalian yang lucu, pintar, dan menggemaskan. 
Di saat yang sama, kami tak kunjung terlelap hanya karena air mata memilih menyusup keluar secara perlahan, meratapi sayat-sayat sedih atas kisah cinta masa lalu kami yang tak seindah kisah kalian, atas cinta yang masih belum juga berpihak pada kami. 
Kami sudah berulang membuka hati dan mencintai, namun pertemuan demi pertemuan tak juga menyatukan kami di meja suci pernikahan.

Tolong jangan hakimi kami dengan label pemilih, meresponnya benar kami tersenyum, namun hati ini retak, sungguh.

Tak kunjung mendapat pasangan bukan sengaja kami tuliskan dalam daftar riwayat hidup kami. 
Kami mencintai, namun ia tak balik mencintai, 
kami dicintai, namun hati kami tetap tak sanggup membalas cintanya, 
kami saling mencintai, namun restu tak beriringan menyelubungi hubungan kami, 
entah restu orangtua, entah restu Yang Maha Kuasa.

Hingga kemudian kami merasa lelah.
Dihantui usia,
Diserbu orangtua,
Disindir saudara,
Dikasihani oleh semua,

Sedetik kemudian hati ini bertanya
"Haruskah aku menikah tanpa cinta demi menghentikan tanya-tanya mereka?"

Bisikan halus dari dalam jiwa
"Dengan siapa? Yang sudi meminang pada orangtuamu saja tak ada."

Lalu tujuan akhir hanya satu,
Menata sajadah dan menengadah,
"Ya Allah, aku harus apa? yang tak terlihat di hati ini sangat terasa seperti luka."
 
---
 
 
 




08 Mei 2018

Bahagia


"Gimana keadaan kamu sekarang?"

"Baik."


"Lebih bahagia ya sejak melepas dia?"

"hhmm, melepas? ngga ada yang aku lepaskan. Aku toh tidak pernah menggenggamnya, memilikinya. Apanya yang dilepas?"

"Tapi kamu kelihatan lebih segar loh serius."

"Syukurlah. Kamu sendiri gimana? kerjaan makin sukses yah?"


"Jangan tanya ke saya, pertemuan ini tentang kamu. Kamu bahagia sekarang?"

"No. Aku ngga bahagia dan ngga tahu apa aku perlu merasakan bahagia."


"Oh my God."

di balik selimut, tiba-tiba ia memeluk dengan erat. sangat erat. 

saya menangis lepas, namun teredam di dadanya. 

saya balas memeluknya. 

terus begitu hingga matahari perlahan menyelipkan sinarnya di antara tirai jendela.



***

"Makasi, kamu selalu ingat sarapan paling wajib untukku ya."

Saya meletakkan secangkir kopi dan toast di atas meja di hadapannya.

"Enam tahun, sudah nempel di dalam kepala segala sesuatu tentangmu, apalagi seremeh sarapan wajibmu."

"Thanks."

"Semalam, kenapa kamu tiba-tiba memelukku?"

"Enam tahun, gimana bisa saya luput mengenali kamu ketika hancur. Maaf ya untuk bertanya padamu tentang bahagia." 

"It's ok."

"Sekian banyak orang yang saya kenal, cuma kamu yang alergi pada bahagia."

"Kamu tahu dari mana kalau saya bermasalah dengan bahagia? seingat saya cuma Rizka yang tahu kalau saya bermasalah dengan apapun yang berkaitan tentang bahagia."

"Enam tahun, Ninnas, enam tahun."


***







Sumber foto

23 April 2018

Karma


"Mbak yang dandanin kamu kemarin pulang jam berapa?"

"Jam 3 abis ashar gitu. Ga bisa lama-lama di sini buat ngobrol karena mbaknya harus ngasih ASI ke anaknya yang bayi."

"Loh, anaknya bukannya udah gede ya yang waktu itu pernah ketemu di kondangan Dwinda?"

"Itu anak pertama, kan pas di kondangan juga, mbaknya udah hamil gede."

"Oh iya ya."

"Ternyata bu, dari wajahku mbaknya ngira aku masih seumuran ama dia, umur 25-an, padahal kan udah 29. hauhahaaaa yeess." 

Mau berbangga diri karena meskipun udah usia 29 masih dikira 25-an gitu. ๐Ÿ˜Ž 

"Nah ya itu tahu kalau udah tua, udah 29, kenapa ngga ndang nikah? mbaknya aja masih muda udah punya anak 2. Ibu ini loh stres mikirin kamu ngga nikah-nikah."

Seketika senyum saya hilang. 
Tiba-tiba merasa capek dan terkuras.

---

"Jadi gitu ceritanya, lah kan kesel ya wong akunya lagi bahas apaan, ibu nyambungnya ke mana."

"Ibumu yah, nyuruh-nyuruh nikah kayak nyuruh beli es teh di warteg."

"Nah makanya. Lelah aku tuh. Udah males banget ngeresponnya kalau ditanya gitu terus."

Kemudian kita berdua bersamaan menghela nafas berat sekalipun sedang berbincang melalui telepon.

"Nhaz, kayaknya kamu mending daftar jadi partisipan Karma deh, nanya ke Kiyoshi ada apa gerangan di dirimu dan nasib percintaanmu."

".......HWAAAAAAAAAAAAAAA" ๐Ÿ˜ซ

Baiklah, keputusan terbaik saat itu rasanya hanya satu, menutup telepon dengan istighfar sebanyak-banyaknya.

---

cling
cling
cling




*inhale
*exhale
*inhale
*exhale


---






22 April 2018

Terakhir



Melepasmu bukanlah keputusan sekali dua kali pikir. 
Berulang, sungguh hingga rasanya aku ingin kembali lagi seperti sebelum mengenalmu, 
kembali menjadi hampa, karena rupa-rupanya cinta selalu membuatku kepayahan dan lemah.

Melepasmu, tak kulalukan sembari mengingat satu atau dua sifat dan sikap pahitmu, 

namun dengan mengenang jutaan kebaikan dan kelebihanmu, 
hingga rasa-rasanya sungguh tak layak aku bersanding di sampingmu.

Melalui hadirnya kamu, aku belajar banyak hal. Aku belajar memahami bahwa hidup tak melulu tentang berleha menikmati segala kemudahan. 

Hidup harus dilalui dengan hinaan, cacian, direndahkan, dimaki, dan dianggap tiada guna.

Melalui adanya kamu, aku mulai memperhatikan satu per satu kelemahan dan kekuranganku yang akhirnya menuntun pada rapuh.

Kamu sekuat dan setangguh itu.
Kamu seberapi dan sepositif itu.
Kamu sesempurna dan setinggi itu.
Kamu terlalu hebat untuk kudampingi.

Benar katamu,
Aku selemah dan seburuk itu.
Aku semenyebalkan dan senegatif itu.
Aku sekurang dan serendah itu.
Aku terlalu payah untuk mendampingimu.

Barangkali, jika Tuhan dan waktu menghendaki kita mengulang lagi segalanya, aku akan memilih tidak mengagumimu, aku akan memilih tak menyapamu dan menjabat tanganmu, aku akan memilih tak mengikuti akun sosial mediamu, dan karenanya kamu tak akan menyapaku.

Aku akan memilih untuk tak pernah mengetahui keberadaanmu, karena ternyata, Sayang; berhenti mencintaimu adalah siksaan terperih bagi hatiku.

Tak dicintai olehmu adalah pukulan telak bagi hatiku, mengajarkan bahwa sebaiknya aku harus lebih sadar diri dan meletakkan cinta jauh di akhir mimpi.

Terakhir,
Teruslah mencari perempuan yang segala sesuatunya sesuai dengan dirimu, perempuan yang kelak mampu menjadi tauladan terbaik bagi anak-anakmu, semoga segera kamu temukan pendamping yang hatinya tak pernah luput berbunga karena melihat senyummu dari hari ke hari, dari waktu ke waktu, perempuan paling beruntung yang dicintai olehmu, perempuan yang sekalipun merindu ia akan tetap terpuaskan oleh pelukmu.

---






19 April 2018

Aplikasi Android Terwajib Nhaz Montana


Setelah sekian lama punya hp android, yuhuuui lah ya kalau berbagi aplikasi apa aja yang wajib ada di hp saya. Ini maksudnya aplikasi tambahan yang harus kita download yah, bukan bawaan HP. Urutannya dari yang terwajib menurut saya yah...





Ini sih mengikuti kebutuhan dunia ya bahwasanya WA adalah terwajib di HP. Mau ngehubungi keluarga, sahabat, temen layer 2 (halah), urusan kerjaan, urusan receh-receh juga banyak di WA, jadi ya wajib lah ya nomor satu. Cuma di WA ini saya ngga nyalain read receipts, demi menghindari drama. Kebiasaan saya juga di WA, seringnya dibaca aja, ngga dibales kalau ngga penting banget. Ya kalau darurat minta cepet dibales mah jangan ngechat di WA atuh tapi TELPOOONN!!  ๐Ÿ˜†



Ini sih supaya memudahkan dalam membaca Al Quran. Dari beberapa aplikasi yang pernah saya pakai, saya kok sreg-nya sama yang ini karena selain bisa buat baca Al Quran, ada juga fitur jadwal sholat yang InsyaAllah sesuai, ada alarm sholatnya juga, dan di fitur jadwal sholat itu kalau di-klik akan ada fitur tambahan menentukan kiblat. Mudah digunakan lah ya intinya. Oh ya, di sini juga bisa sekalian belajar terjemahan Al Quran karena terjemahannya bisa diatur jadi perkata. 



Kadang kan ya, di tengah kesibukan kita atau kebahagiaan nerima uang atau gaji bulanan, kita sering lupa untuk menyisihkan sebagian rejeki kita untuk yang berhak menerimanya dan kadang dengan alasan jauh lah panti asuhannya, ga sempet lah, banyak deh. Nah, aplikasi ini bisa jadi solusi banget, di sini kita bisa hitung berapa nominal wajib zakat kita karena ada kalkulator zakat, bisa deposit di dompet saldo jadi kalau mau donasi atau zakat bisa langsung ambil dari deposit kita tanpa bolak-balik transfer ke donasi atau zakat yang kita tuju. Zakatnya juga ada yang langsung ke BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) atau zakat melalui program yang sudah ada. Kalau mau donasi juga bisa, bahkan bisa kita sesuaikan dengan kategori yang kita inginkan, mau donasi ke bidang pendidikan, balita dan anak sakit, bantuan medis, rumah ibadah, bencana alam, panti asuhan, dll.



Lah kalau ini sudah jelas yah buat apa, BUAT PAMER. huahahahahaaa ๐Ÿ˜‚ ngga ding, punya akun Instagram ini adalah bentuk wajib dari pemenuhan kebutuhan pengakuan eksistensi dan demi berbagi informasi seputar urusan perut. Sampe ada juga bikin akun bodong buat ngefollowin akun-akun OLShop karena suka produknya tapi mualeeess liatin promonya yang sering nyampah. Instagram juga jadi lahan memantau kehidupan para idola yang bisa memotivasi untuk jadi lebih dan lebih baik lagi dari hari ke hari. Uwwwhh ๐Ÿ’•



Masih sama sih, ini jadi tempat numpahin uneg-uneg berupa kalimat pendek yang kalau panjang ya larinya udah ke blog aja gitu. muahahahahaa ๐Ÿ˜… Twitter juga jadi tempat nanya ke akun Suara Surabaya tentang informasi lalu lintas. okesip. 

6. Quora


Ini adalah aplikasi tempat Q&A. Pertanyaan dan jawabannya juga bagus-bagus banget karena seringnya dijawab oleh orang yang memang kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Mulai urusan life, love, psikologi, bahkan saham dan keuangan. Bisa nambah ilmu dan memperluas sudut pandang deh pokoknya. Beda kayak Ask.fm yang isinya ga mutu.



Sejenis notes gitu, saya ngerasanya lebih nyaman pakai ini. Bisa untuk bikin daftar belanjaan dan daftar apapun, bisa diatur remindernya, dan masukin foto juga. Sebagai orang yang agakan pelupa dan suka segala sesuatunya terperinci, saya butuh banget aplikasi Google Keep ini untuk mempermudah urusan daftar mendaftar.

8.  YouTube


Sudah tak perlu dijelaskan ya ini aplikasi apaan. huahahahaa ๐Ÿ˜… konten YouTube yang sering saya simak adalah kecantikan kayak make up gitu, girlband korea, konten kesehatan kayak olahraga dan per-diet-an, resep masakan, dan informasi terbaru. 



Aplikasi yang ngingetin kita secara berkala untuk minum air putih. Karena kalau sibuk kerja atau berkegiatan kan sering kali lupa untuk minum, nah aplikasi ini beneran membantu supaya kita ngga sampe dehidrasi sekalipun akhirnya saya juga jadi rajin ke kamar kecil. Saya kan sedang menjalani diet yang disarankan oleh sahabat saya, dietnya ini membutuhkan komitmen untuk olahraga dan minum air putih yang banyak, plus berhenti konsumsi minuman dengan gula, jadi yaaaa WDR ini sungguhlah andalan. 

10. GO-JEK


Sedari dulu saya pakainya aplikasi GO-JEK  aja, mau pesen transline wujud mobil, sepeda motor atau jasa beli makanan, pakainya tetep GO-JEK. Saya ngga pernah pakai aplikasi yang lain, ngga tahu kenapa, udah cucok aja. Kecuali kalau aplikasinya lagi error di hp saya, baru deh install aplikasi lainnya yang sejenis, itupun setelah dipakai, ya uninstall lagi. Love deh ama GO-JEK. Semoga selalu dan semakin bagus deh pelayanan dan kualitasnya. aamiin. 



Ladangnya nyari gambar atau ide tentang sesuatu. Contoh desain baju, desain kamar, tentang fashion, nail-art, foto, dll. Bagus-bagus banget di sini, dan mudah juga digunakan.



Kadang kan bosen ya baca-baca tulisan baik artikel, buku, atau dari Quora, nah dengerin Podcast adalah salah satu solusi untuk saya ketika sedang butuh informasi terbaru dan tambahan pengetahuan. Kadang malah saya jadikan pengantar tidur. 

13. JOOX


Aplikasi streaming music, kalau mau bebas dengerin music, kita harus berlangganan dulu, bayar sekian rupiah gitu per-bulan. Ada yang suka pakai Spotify cuma saya udah kepalang cinta sama JOOX, jadi ya sudahlah di sini saja hingga takdir memisahkan antara JOOX dan selera saya. apa siii ๐Ÿ˜‹ Seringnya dengerin JOOX kalau lagi lari di treadmill atau olahraga gitu.



Hhhmm tak perlu dijabarkan yah kenapa aplikasi ini begitu dibutuhkan, ya karena emang sepenting itu siih. Kadang sering bingung juga kan gimana sih cara pengucapan kata dalam bahasa asing, nah google translate bisa menjadi andalan. 



Demi memastikan bagaimana cara yang benar menulis kata dalam bahasa indonesia. huahahahaha udah gitu aja sih. Eh sama supaya bisa lebih menyelami jiwa Ivan Lanin. ๐Ÿ’—



Memudahkan memesan tiket hotel, pesawat, dan kereta api. Sama seperti tentang kecenderungan saya memilih dan mempertahankan GO-JEK dan JOOX, sekalipun aplikasi sejenis Traveloka ini juga udah banyak, saya jauh lebih milih setia sama Traveloka aja sekalipun kadang harga bisa ada yang lebih murah di aplikasi lain, tapi Traveloka masih terbaik di hati. Manalah di Traveloka juga ada paket-paket liburan gitu, memudahkan banget. Pengen nyoba sih tapi masih belum-belum aja, entah kenapa tiap mau pesen, kemudian batal karena "aaahhh ntar aja deh, males". gituuu~ Yaaaa semoga tahun ini bisa lah ya terlaksana nyobain paket liburan dari Traveloka. aamiin...

17.  Hawa


Aplikasi untuk mencatat siklus menstruasi dan jadwal masa subur (hehehehe ๐Ÿ˜Ž), penting loh ini. Selain itu, di sini juga banyak banget yang berbagi pengalaman dan tips seputar kecantikan dan masalah kewanitaan. Ada aplikasi lainnya juga sih, tapi sekali lagi, saya udah klik dan cocoknya sama Hawa jadi ya sudahlah yaaaa~



Demi foto yang cucok kudu banget pakai ini, karena ada bubuk-bubuk peri yang bikin wajah cliiing mulus tanpa cela dan noda. hahahahaa ๐Ÿ˜‚ tapi salah satu cita-cita saya adalah membiasakan diri selfie tanpa aplikasi, jadi hanya mengandalkan kamera bawaan hp aja gitu. 

19. Fotorus


Aplikasi untuk bikin kolase foto atau bingkai foto. Udah gitu aja. 



Aplikasi untuk mengukur aktivitas olahraga lari saya, bisa kelihatan jaraknya berapa jauh dan berapa kalori yang sudah terbakar. 



Buat ngitung tagihan di restoran sama temen-temen, penambahan persen-nya bisa langsung, ngga ruwet kayak calculator bawaan android. huahahahahaa ๐Ÿ˜‚



Aplikasi untuk nyari judul lagu melalui detector suara. Jadi misalkan lagi dengerin lagu di radio atau pas lagi di mall gitu, kemudian kita penasaran, ini judul lagunya apa sih? nah kita bisa cari aja pakai aplikasi SoundHound ini. Seringnya sih langsung dapet asal suaranya jelas ya. 



Aplikasi untuk edit video paling ringkas menurut saya. Ada yang gratisnya, tapi kemarin saya sempat memilih yang beli aja supaya videonya bisa tanpa watermark powerdirector gitu. Mudah banget digunakannya juga. 

24. Line


Aplikasi messenger untuk pesen barang di Olshop. muahahahahaaa karena kebanyakan dari Instagram kan Olshopnya, nah mereka kebanyakan ngasih link kontak line mereka, supaya lebih mudah dan ringkas, saya sih lebih pilih pakai line dengan menambahkan mereka sebagai teman di Line malalui link yang tercantum di bio IG mereka. Selain itu, Line juga saya manfaatkan untuk menikmati promo-promo beberapa akun, misalnya Starbucks, Dunkin Donuts, Burger King, dll. 


Nah itu tadi keseluruhan aplikasi yang WAJIB banget ada di hp saya, selain aplikasi di atas, ada ga apa, ngga ada juga ga masalah. gituuuu~

Kalau kalian, aplikasi apa aja sih yang wajib banget ada di HP kalian?

Share yaaaa~~

---

Terima kasih..






thank you for coming reader |read my older posts please | nhaz montana